Kamis, 29 September 2011

Beli Laptop Baru?! Baca Dulu Ini !!!

Makin hari, kebutuhan piranti teknologi informasi dan komunikasi di daerah daerah akan kian tinggi, sesuai dengan zaman yang makin berkembang. Biasanya sekolah tidak perlu ribet dengan spesifikasi hardware teknologi ini, sebab masalah penyediaan laptop, komputer (pc) maupun printer dan lain-lain sudah ditetapkan oleh instansi Dinas Pendidikan. Bahkan, lebih sering lagi intansi vertikal justru langsung men-dropping semua piranti tadi ke sekolah-sekolah. Enak, kan?!

Namun, bagi personil di sekolah -baik kepala sekolah, guru, dan staf admin- yang berniat memiliki piranti teknologi tersebut, sebaiknya berhati-hati dan teliti. Ungkapan kenali dulu baru beli sangat tepat dan cerdas untuk diterapkan, sehingga nantinya laptop yang dibeli adalah laptop atau notebook yang memang diinginkan.

Ada beberapa trik atau tips membeli laptop atau notebook yang perlu diketahui sebelum membeli laptop yaitu:
  1. Jangan membeli laptop hanya karena gengsi, karena percuma mempunyai laptop hanya untuk pajangan dan tidak pernah dipakai atau tidak bisa memakainya
  2. Jangan terlalu menginginkan laptop yang terbaru dan tercanggih, apabila kebutuhan Anda dengan laptop hanya sebatas untuk mengetik, mendengarkan musik dan browsing internet saja.
  3. Sesuaikan kebutuhan membeli laptop dengan dana yang Anda miliki, misalkan dana Anda hanya sekitar 4 juta maka jangan terlalu muluk-muluk menginginkan laptop atau notebook dengan spesifikasi yang terlalu tinggi dan lengkap
  4. Carilah informasi tentang merk laptop, spesifikasi laptop dan harga laptop melalui toko-toko online yang ada di internet, jangan terpaku pada satu atau dua toko laptop saja, tetapi carilah informasinya ke tiga atau lebih toko laptop online yang terpercaya. Hal ini dimaksudkan agar nantinya Anda bisa memiliki panduan tentang merk laptop, harga laptop dan spesifikasi dari laptop yang hendak dibeli
  5. Mintalah teman yang lebih berpengalaman tentang laptop atau komputer, untuk menemani ketika Anda hendak membeli laptop, baik membeli secara online di internet maupun membeli langsung di toko
  6. Ketika Anda sudah menentukan laptop yang Anda inginkan dan sudah terjadi transaksi, maka periksalah kelengkapan yang ada seperti CD atau driver motherboard, manual book, kartu garansi, kabel charger, dan seterusnya
  7. Tanyakan kepada penjual, bagaimana perlakuan terhadap laptop untuk masalah pengisian daya batrei (charge), apakah sebaiknya di-charge saat laptop dipakai atau sebaliknya.
  8. Telitilah harga laptop yang ditawarkan apakah sudah termasuk harga dengan operating system (OS) atau tanpa operating system (non-OS)
  9. Apabila laptop yang Anda beli sudah termasuk dengan Operating System, misalnya Windows 7 Home, maka bisa Anda cek tentang kesesuaian hardware yang terpasang dengan spesifikasi yang ada pada laptop. Kesesuaian tersebut meliputi merk dari manufaktur/motherboard, besarnya memori yang terpasang, besarnya kapasitas harddisk, jenis kartu grafis, prosesor, dan sebagainya. Cara mengeceknya adalah dengan menuliskan Dxdiag lalu Enter di tab search (di atas tombol start).
Inilah sekedar tips semoga bermanfaat untuk menghemat sekaligus dapat mencari piranti yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kocek kita.

11 komentar:

Obat Herbal Darah Tinggi mengatakan...

wah bagus juga nih tips nya,
sangat bermanfaat sekali nih ,,
sukses selalu yah

War mengatakan...

Walaupun gak akan mau beli tetep saya baca buat wawasan, hehehehehe

Beli Blackberry Bekas mengatakan...

muantapp coy ,tipsnya gasan nungkar laptop, masalhnya nang ae, duitnya nie nach kd tapi banyak hehhehee

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

terima-kasih sahabat, artikelnya sangat membantu. Salam

mastokkenari mengatakan...

posting bagus, ......

Obat Herbal Nyeri Sendi mengatakan...

sip bagus nih gan sarannya...

tomy mengatakan...

ok q stju lh sma pndpt,y brmnfaat bgt

obat herbal penyakit diabetes mengatakan...

Bener banget tuh kalau kita beli laptop karna gengsi yang pada akhirnya akan menyesal.

OBAT HERBAL DARAH TINGGI mengatakan...

saya sangat setuju dengan pendapat anda sob, walaupun beli laptop baru kita harus memikirkan kepentingan laptop itu buat apa.

OBAT HERBAL ASAM URAT mengatakan...

Terima kasih atas sarannya.

penanganan untuk penyakit glukoma mengatakan...

terima kasih buat infonya,, pasti berguna banget nih buat yang lagi cari laptop baru

Posting Komentar

Mohon sudilah meninggalkan komentar Anda, agar kami bisa mengevaluasi diri, sekaligus dapat balas mengunjungi blog Anda, Terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo